5 Hidangan Chinese Food Paling Populer

By | October 18, 2020
Dari Kuis Ini, Kami Tahu Chinese Food Kesukaanmu Lho?


1. Rousong

Rousong adalah produk daging kering khas Tiongkok yang terdiri dari daging babi suwir halus yang biasanya dibumbui dengan gula dan kecap. Ada dua jenis utama rousong: pork fu dan pork sung. Dimana pork fu digoreng lebih sebentar, kurang diparut, dan memiliki warna lebih terang daripada pork sung. Bisa dikonsumsi sebagai topping nasi, bubur, tahu, mie, dan pasta, atau sebagai isian egg roll, onigiri, dan ketan gulung, tapi bisa juga dikonsumsi sendiri. Bagi yang menyukai makanan manis, rousong juga bisa digunakan sebagai topping atau isian kue bolu. Rousong cepat larut saat dikonsumsi, meninggalkan kombinasi rasa manis, asin, dan daging di langit-langit mulut. Di Singapura, sangat populer mengonsumsi roti pork floss, yang merupakan roti dilapisi mayones dan rousong, dan tersedia di banyak toko roti di seluruh negeri.

2. Zongzi

Zongzi adalah chinese food yang terbuat dari beras ketan yang diisi dengan berbagai bahan, dibungkus dengan alang-alang, teratai, bambu, atau daun pipih besar serupa, kemudian dikukus atau direbus. Setiap jenis daun memberikan rasa dan aroma yang unik pada ketan. Isi yang umum termasuk bahan gurih dan manis seperti ubi, kacang rebus, telur rebus, jamur, ayam, pasta kacang merah, daging babi, dan sayuran. Zongzi paling sering dikonsumsi selama Festival Perahu Naga (Festival Duanwu).

3. Zhaliang

Berasal dari masakan Kanton, zhaliang mengacu pada cruller goreng tradisional Tiongkok yang dibungkus dengan lembaran nasi yang halus dan hampir tembus cahaya. Mirip dengan cruller polos, zhaliang biasanya disajikan untuk sarapan, tetapi sering kali menjadi bagian dari makanan dim sum tradisional Kanton.

Zhaliang disertai dengan kecap yang unik dan sedikit dimaniskan, yang dapat dimasukkan ke dalam hidangan atau disajikan sebagai pendamping. Zhaliang harus selalu baru disiapkan (hangat-hangat), agar cruller tidak kehilangan teksturnya yang renyah dan lembut. Agar lebih mudah dikonsumsi, disajikan potong-potong seukuran sekali gigit dan diberi biji wijen dan irisan daun bawang.

Hidangan ini sangat populer di wilayah Kanton, khususnya provinsi Guangdong, dan merupakan salah satu hidangan dim sum favorit di Hong Kong. Namun, popularitasnya juga meningkat di restoran Cina di seluruh dunia, di mana ia menjadi hidangan utama dim sum.

4. Suan Cai

Meskipun sauerkraut adalah bahasa Jerman yang berarti kubis, asinan kubis Cina atau suān cài, kadang-kadang juga disebut xiān cài, mungkin adalah versi pertama asinan kubis, karena diketahui bahwa para pekerja yang membangun Tembok Besar Tiongkok memakannya sebagai hidangan standar dari 2000 tahun yang lalu.

Faktanya, sauerkraut diperkirakan berasal dari Cina utara di antara bangsa Mongol, dan kemungkinan besar dibawa ke Eropa pada abad ke-13 dengan invasi Mongol dan migrasi suku nomaden. Secara tradisional, suān cài dari Cina Utara menggunakan kubis napa parut, yang segera direbus, diasinkan, dan kemudian difermentasi dalam jusnya sendiri dengan tambahan arak beras, sedangkan di bagian selatan negara itu, sawi Cina digunakan sebagai gantinya.

Sama seperti sauerkraut Eropa, suān cài dapat menjadi pelengkap yang sempurna untuk berbagai jenis daging, terutama daging babi, tetapi juga sering digunakan sebagai topping untuk sup mie.

5. Zhangcha Duck

Bebek Zhangcha adalah bebek yang diasapi dengan teh dan camfor, berasal dari provinsi Sichuan di Cina yang terkenal dengan hidangan pedasnya. Persiapan makanan ini adalah proses lima langkah; pertama, diasinkan, lalu direbus, dikeringkan dengan udara, diasapi, dan terakhir, digoreng. Saat disajikan, potongan daging bebek di atasnya diberi gebao – roti berbentuk kerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *