Tipe-tipe Ukuran Pipa PVC Beserta Fungsinya

By | December 30, 2020


Pada mulanya pipa jenis besi atau logam memang banyak dipilih oleh masyarakat kita sebagai instalasi air di rumah. Seiring dengan berjalannya waktu, kini kebanyakan masyarakatnya beralih menggunakan jenis pipa PVC. Di samping proses pemasangan yang mudah, harga pipa PVC ini jauh lebih bersahabat dibanding pipa besi maupun alumunium. Tak hanya itu, pipa PVC juga memiliki bobot yang lebih ringan sehingga terasa enteng saat dibawa.  

Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan thermoplastic, sudah pasti pipa PVC mudah dipotong tanpa membutuhkan peralatan khusus. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, pipa PVC sudah terbukti tahan terhadap zat asam dan alkali sehingga tingkat keawetannya tetap terjaga lho.  

Berbeda halnya dengan jenis pipa besi yang rentan terhadap karat, sehingga membuatnya menjadi keropos dan berumur pendek. Meski dari segi tekstur pipa besi ini jauh lebih keras, namun ketangguhan pada pipa PVC juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Adapun mengenai berbagai ukuran-ukuran pipa PVC yang tersedia seperti berikut :

Tebal (AW) Sedang (D) Tipis (C) Ukuran
        C 5/8” 17 mm
AW 1/2”  C 1/2” 22 mm
AW 3/4” C 3/4” 26 mm
AW 1” C 1” 32 mm
AW 1 1/4” D 1 1/4” C 1 1/2” 42 mm
AW 1 1/2” D 1 1/2” C 1 1/2” 48 mm
AW 2” D 2” C 2 1/2” 76 mm
AW 3” D 3” C 3” 89 mm
AW 4” D 4” C 4” 114 mm
AW 5  D 5” C 5” 140 m
AW 6” D 6” 165 mm
AW 8”  D 10” 216 mm
AW 10”D 10”267 mm

Pipa PVC Berdasarkan Kelasnya

  • PVC Kelas AW

PVC kelas AW dapat menahan tekanan sampai 10 kg / cm2, sehingga cocok digunakan untuk saluran air bertekanan tinggi atau yang menggunakan pompa air. Diantaranya seperti saluran air di bawah tanah, air ke keran-keran air, dan saluran penyediaan air untuk kebutuhan rumah.

  • PVC Kelas D

PVC Kelas D biasa dipakai untuk tekanan yang tidak terlalu besar, mengingat ukurannya yang sedang. Kemampuan pada PVC Kelas D ini dapat menahan tekanan sekitar 5 kg/ cm2. 

  • PVC Kelas C

Dilihat dari ketebalannya, pipa PVC kelas C ini memang yang paling tipis dibanding pipa kelas AW maupun kelas D. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika PVC kelas C kerap dijadikan untuk pelindung kabel listrik. 

Fungsi Pipa PVC yang Berdasarkan Ukuran

1. Ukuran Pipa Untuk Kebutuhan Air Besih

Pipa air bersih pada rumah umumnya menggunakan PVC kelas AW yang berdiameter 1/2 dan 1 inci. Biasanya pipa berukuran 1 inci akan dipasang pada saluran induk air bersih, seperti dari tangki air maupun dari instalasi PAM. Sedangkan pipa PVC yang berukuran 1/2 inci akan dijadikan cabang dari saluran induk. 

2. Ukuran Pipa Untuk Kebutuhan Air Kotor

Untuk kebutuhan air kotor biasanya akan menggunakan pipa kelas D yang berukuran 3 – 4 inci, seperti pembuangan air kotor dari kamar mandi, air cucian, air hujan, dan limbah air lainnya. Sekian ulasan mengenai pipa PVC yang berdasarkan jenis dan fungsinya. Jika kamu ingin membeli pipa PVC secara online dengan harga terjangkau, silahkan kunjungi http://www.pipahdpe.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *