4 Fakta Unik Timor Leste

By | March 15, 2017

Siapa yang tidak tahu dengan negara Timor Leste, bekas provinsi yang mengintergrasikan dirinya ke Indonesia, namun setelah 25 tahun kemudian memisahkan diri dari Indonesia. Dalam pelepasan dirinya ini tak lepas dari peristiwa berdarah seperti perang saudara. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan coba menyampaikan 4 fakta unik Timor Leste.

  1. Memakai Mata Uang Dollar Amerika

Timor leste mengadopsi dollar Amerika sebagai mata uang, dan centavos sebagai uang koinnya ketika negara ini merdeka. Tentunya ini berefek besar ke daya beli masyarakatnya.

  1. Isu Bergabung Kembali Dengan Indonesia

Perdana Menteri Timor Leste yakni Xanana Gusmao memberikan pernyataan yang mengejutkan saat menghadiri Hut TNI yang ke-69 di Surabaya pada 7 Oktober tahun 2014, ia mengatakan bahwa Timor Leste siap bergabung kembali dengan Indonesia.

  1. 13 Distrik Memiliki Beda Warna

Timor Leste dibagi menjadi 13 distrik yang mempunyai masing-masing bendera, dan yang lebih uniknya lagi yaitu dari semua bendera itu sama bermotif lambang negara Timor Leste hanya berbeda warna saja.

  1. Bahasa Tetun

Bahasa tetun merupakan anak cabang dari bahasa austronesia, dengan penutur utama di wilayah Timor. Bahasa tetun ini dijadikan sebagai bahasa resmi setelah bahasa Portugal. Bahasa tetun berkembang di Timor Leste dan mengalami proses pencampurang dengan bahasa Portugal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *