5 Negara Paham Komunis

By | November 24, 2016

Sejak perang dingin, dunia hanya diberikan dua pilihan yakni kapitalisme dan komunisme. Uni Soviet adalah negara yang memimpin komunis di dunia, namun seiring kehancuran Uni Soviet pada tahun 1991, banyak negara komunis yang mulai meninggalkankan ideologinya dan ada beberapa negara juga yang masih mempertahankan ideologi kumunisnya. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan coba menyampaikan 5 negara komunis.

  1. Republik Rakyat Cina (RRC)

Sejak didirikan pada tahun 1949, RRC telah dipimpin oleh partai komunis Cina. Kebanyakan ekonomi negara ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawassi ekonominya secara politik terutama pada perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan.

  1. Kuba

Pada tahun 1953, Fidel Castro dengan dukungan seluruh rakyatnya berhasil menggulingkan pemerintah dibawah pimpinan Batista, yang melarikan diri pada 1 Januari tahun 1959. Fidel Castro membangun negara komunis dengan sistem satu partai.

  1. Korea Utara

Korea Utara merupakan sekutu terdekat RRC dan Russia. Jatuhnya komunisme di Eropa Timur pada tahun 1989, berdampak pada semakin berkurangnya bantuan kepada Korea Utara dari Russia, meskipun Cina tetap saja memberikan bantuan penting.

  1. Laos

Satu-satunya partai yang diakui di negara ini adalah partai komunis Laos. Pemerintah Laos adalah salah satu dari sekian negara komunis yang tersisa dan mulai melepas kontrol ekonomi dan mengizinkan berdirinya perusahaan swasta.

  1. Vietnam

Sebuah Konstitusi baru disahkan pada April 1992 yang menggantikan versi 1975. Organisasi politik yang bekerjasama dan didukung oleh partai komunis diperbolehkan ikut dalam pemilihan umum. Ini meliputi Vietnamnese Fatherland Front, partai serikat pedagang dan pekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *