Kenali Ciri Demam Berdarah untuk Pencegahan Lebih Awal

By | April 15, 2020
Demam Berdarah - Pengertian, Gejala, Penyebab, Faktor Risiko ...
halodoc.com

Demam berdarah dengue atau juga biasa dapat disebut oleh orang awam maupun orang modern DBD ialah merupakan penyakit menular yang disebabkan karena munculnya virus dengue yang dibiasanya dibawa carier oleh nyamuk. Demam berdarah pun disebut pula sebagai penyakit “break-bone” karena kadang mengakibatkan adanya rasa nyeri pada  persendian serta otot sehingga tulang pun terasa seperti retak.

Penyakit demam berdarah yang ringan mampu mengakibatkan beberapa ciri khas seperti demam tinggi, adanya ruam, keluhan nyeri otot hingga sakit pada persendian. Ciri demam berdarah terparah yaitu biasa disebut dengan dengue hemorrhagic fever, yang mengakibatkan adanya perdarahan serius, menyebabkan adanya penurunan tekanan darah secara tiba-tiba atau bahkan hingga drastis dan yang terparah mampu berujung pada hal fatal seperti kematian.

Terdapat empat serotype dari virus dengue (DENV) yaitu serotype DENV-1, -2, -3, dan -4,. Infeksi dari virus ini mengakibatkan berbagai gejala contohnya ialah demam, pusing, nyeri maupun gejala pada organ bola mata, otot, sendi, dan ruam pada kulit.

Bagi manusia yang telah terinfeksi dengan virus dengue pun sering mengalami kelelahan dalam rentang waktu dengan jangka panjang. Virus dengue biasanya berkembang semakin lama menjadi hal yang mampu mengancam jiwa (severe dengue), sehingga akibat terparahnya ialah nyeri perut lalu tak ketinggalan ialah muntah, gejala lainnya seperti sulit bernapas, ataupun juga adanya penurunan trombosit darah yang mampu mengakibatkan terjadinya pendarahan internal pada tubuh manusia.

Dalam penyakit ini maka biasa ditemukan untuk cuaca daerah tropis dan sub-tropis, contohnya utama terjadi di wilayah urban maupun semi-urban. Sampe waktu hingga saat ini belum terdapat penanganan yang spesifik terhadap penyakit demam berdarah. Akan tetapi, vaksin demam berdarah juga telah dikembangkan oleh WHO pada di 2016.

Lalu sekiranya apa itu ciri demam berdarah yang patut kamu ketahui?

Gejala demam berdarah menurut Web MD biasanya dapat dimulai pada sekitar hari keempat hingga ke sepuluh hari setelah pasien  tergigit atau terinfeksi nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus.  Pasien maupun keluarga dari pasien perlu mengetahui adanya perbedaan gejala yang terjadi pada ciri ini ataupun gejala penyakit lain sehingga untuk tidak mungkin dalam mengabaikannya. Ciri demam berdarah yang harus kamu ketahui diantaranya: 

  • Pasien mengalami Demam Tinggi Mendadak 

Ciri demam berdarah umumnya yaitu demam yang terjadi berlangsung secara mendadak serta banyak orang yang tidak mengetahui perbedaannya dengan kondisi demam biasa.

Perbedaan yang sangat terlihat antara ciri demam berdarah maupun dengan ciri demam contoh akibat flu ialah demam DBD mampu menyentuh angka 40 Celcius. Demam yang terjadi akibat flu maupun infeksi dari virus ataupun bakteri biasa pada umumnya disertai dengan gejala bersin hingga batuk sedang, tetapi ciri pada demam berdarah tidak demikian. Munculnya nyeri yang terjadi pada otot penderita

Apabila penderita telah mengalami ciri demam berdarah seperti adanya ciri demam, pasien pun merasakan nyeri di bagian ototnya juga bagian persendian. Ciri lainnya juga juga disertai pula dengan tubuh menggigil hingga kondisi tubuh berkeringat.

  • Adanya ciri berupa sakit kepala parah hingga sakit di bagian belakang

Penderita yang telah mengalami demam setelah beberapa jam, maka gejala selanjutnya yang dapat dimungkinkan adalah timbulnya rasa sakit kepala parah. Pada umumnya rasa sakit terjadi di area atau wilayah sekitar dahi. Sakit kepala parah pun beserta dengan sakit yang terjadi di bagian belakang mata. Gejala sakit ini merupakan gejala umum yang sering terjadi pada penderita demam berdarah.

  • Mual dan muntah

Meskipun tidak terjadi pada semua orang, namun masalah pencernaan pun juga dapat terjadi, contoh masalah tersebut ialah mual dan muntah. Penderita yang mengalaminya maka pada bagian perut atau punggung penderita terasa tidak nyaman. Dimana gejalanya mampu terjadi selama dua sampai empat hari.

  • Terjadi kelelahan 

Ciri demam  berdarah yang umumnya disertai nyeri otot maupun masalah pencernaan yang terjadi pada penderita mampu menurunkan nafsu makan. Hal ini tentunya menyebabkan tubuh pun menjadi kelelahan akibat kurangnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh serta dan sistem imun dari si penderita yang melemah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *