Mengenal Sejarah Musik SKA

By | January 21, 2017

SKA adalah jenis genre musik yang berasal dari Jamaica dan mulai berkembang pada masyarakat golongan pekerja di United Kingdom sekitar tahun 60-an dan menyebar ke seluruh dunia. Di United Kingdom awalnya SKA dikenal sebagai bluebeat dan kemudian dikenal sebagai rocksteady dan reggae. Element utama musik SKA adalah drum, rythem, bass, terompet, semuanya dirangkumkan maka terlahirlah irama musik SKA. Ska mulai dipopulerkan oleh golongan mod dan rudeboys dengan imej tersendiri mamakai hat dan mengendarai motor vespa. Musik Ska telah mengalami 3 jaman atau gelombang musik yang mempengaruhi popularitas di dunia.

  1. Ska di Jaman Pertama

Pada tahun 1962 saat negara Inggris menjajikan jaminan secara tak terbatas kepada para imigran yang berasal dari negara-negara persemakmurannya, kerusuhan antar ras pun terjadi, di saat itu musik Ska dan reggae sedang populer. Musik tersebut dibawa dari Jamaica oleh banyak musisi dan produsen yang ikut berimigrasi. Imej rudeboys diperbaharui menjadi 2 bagian musik yang masih tergolong baru di Inggris yakni reggae dan punk.

  1. Ska di Jaman Kedua

Pada tahun 1979 Jerry Dammer mendirikan 2tone records. Keinginan Dammer layaknya Prince Buster diawal 60-an yaitu menciptakan sesuatu yang baru, hitam dan putih menjadi simbol. Lahirlah yang dinamakan 2tone Ska.

  1. Ska di Jaman Ketiga

Pada jaman ketiga ini juga terdapat hal-hal yang tidak pernah ada pada awal gelombang kesatu dan kedua. Beberapa yang tidak ada diantaranya yakni straight edge dengan logo X ditangan, boneheads OI/Ska, skinhead againts racial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *