Negeri vs Swasta

By | July 2, 2019

Mungkin bagi setiap orang bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri adalah hal yang sangat diimpikan dan merasa sudah berhasil sekali jika sudah masuk ke perguruan tinggi negeri. Semua teman-temanku sedang heboh membicarakan kampus negeri yang mereka impikan. Bahkan ada beberapa temanku yang menjadikan foto gedung kampus yang mereka inginkan menjadi wallpaper ponsel mereka.

Ketika aku ditanya balik, aku ingin berkuliah dimana maka aku sangat sulit untuk menjawabnya. Karena memang sejujurnya sampai saat ini tidak ada kampus yang aku inginkan. Aku malah sibuk memilih universitas mana yang memiliki jurusan yang aku inginkan, tapi kualitasnya bagus.

Aku memang bukan tipe orang pengejar instansi tapi aku lebih mementingkan jurusan yang aku inginkan. Karena aku tidak mau masuk perguruan tinggi negeri tapi jurusannya bukan yang aku inginkan, maka aku lebih memilih untuk fokus mencari perguruan tinggi swasta yang memiliki jurusan multimedia bagus namun menyediakan beasiswa prestasi seperti itu. Ternyata ada salah satu perguruan tinggi swasta khusus seni yang di dalamnya terdapat jurusan yang aku inginkan.

Aku harus mengikuti beberapa tes dulu untuk masuk kualifikasi beasiswa yang aku daftarkan tadi. Tes yang diberikan untuk kualifikasi beasiswa ini adalah tes dengan tipe soal SBMPTN, di mana terdapat pula tes skolastik untuk menguji kemampuan di luar akademik.

Saat aku sedang mencari-cari buku panduan untuk tes skolastik, aku menemukan iklan tentang bimbel online di instagram story, aku sangat penasaran dan mencoba mencari tahu serta membaca review penggunanya. Akhirnya aku mengunduh dan merasakan beberapa benefit dari aplikasi itu:

  • Materi berdasarkan topik

Dari semua mata pelajaran yang ada, materi disajikan per topik. Jadi keuntungannya siswa dapat memahami bagian mana yang masih terasa sulit dan harus dipelajari lebih dalam.

  • Materi disajikan dalam bentuk infografis

Menurut saya, fitur inilah yang banyak menguntungkan siswa, mengapa demikian? Karena dengan bentuk infografis ini, materi akan lebih terlihat ringkas dan tidak membosankan jika dipelajari.

  • Pembahasan soal yang sangat jitu

Jitu disini yang aku maksud adalah bagaimana pembahasan soal ini mudah dipahami dan dimengerti dengan baik. Sebenarnya mungkin pembahasan yang rinci tidak lah cukup. Pembahasan yang rinci belum tentu mudah dipahami maka dari itu, pembahasan soal dari Ruangguru ini sangat membantu menjadikan belajar yang lebih semangat lagi

Maka dari itu aku berusaha meyakini dalam hati kalau pilihanku untuk fokus dengan seleksi perguruan tinggi swasta bukan hal yang salah, melainkan adalah sebuah keputusan yang mantap dan yakin untuk bisa tetap mengejar prestasi dan cita-cita meskipun tidak di perguruan tinggi negeri. Negeri atau swasta kembali lagi pada pribadi diri masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *